Ciri-ciri Black Campaign, Strategi politik yang tidak etis dalam black campaign

banner 468x60

TEMPO.CO, Jakarta – Berlatih di arena politik kampanye sering menjadi sorotan utama. Salah satu bentuk kampanye yang kontroversial dan tidak etis adalah apa yang disebut kampanye hitam atau kampanye hitam.

Kampanye hitam adalah strategi yang melibatkan penyebaran informasi negatif. Tak hanya itu, terkadang kampanye tersebut juga disertai unsur palsu atau pencemaran nama baik yang bertujuan merugikan kompetitor. Berikut ciri-cirinya kampanye hitam apa yang perlu Anda ketahui untuk mengenali praktik politik yang tidak sehat.

banner 336x280

Menyebarkan informasi negatif dan kontroversial

Informasi negatif yang disebarkan oleh para pejuang kulit hitam tidak sama dengan apa yang terjadi dalam kampanye negatif. Dalam kampanye hitam (black campaign), seringkali informasi negatif disebarkan tanpa data apa pun. Bahkan berujung pada fitnah dan tuduhan palsu.

Tidak hanya itu, strategi kampanye hitam hal ini juga sering kali melibatkan penyebaran isu-isu sensasional atau kontroversial. Tujuan tersebarnya isu ini adalah untuk membuat keributan di kalangan pemilih dan mengalihkan perhatian dari isu sebenarnya.

Fitnah dan tuduhan palsu

Fitnah dan tuduhan palsu menjadi ciri utama yang membedakan kampanye hitam dengan kampanye negatif. Praktik utama kampanye hitam ini pada dasarnya adalah penggulingan lawan melalui berita bohong, tuduhan palsu yang tidak terbukti melalui hal-hal yang tidak berkaitan dengan jabatan kepemimpinannya, dan fitnah.

Pencemaran nama baik, tuduhan palsu, dan manipulasi data yang tersebar tidak lain hanyalah menciptakan citra negatif terhadap pesaing.

Penggunaan anonimitas dan kekuatan cyber

Ciri ketiga adalah pembangunan kampanye hitam di Indonesia. Saya kutip dari situs Lawui, pada zaman dahulu kala kampanye hitam dengan menyebarkan atau menyebarkan informasi melalui media cetak yang memuat informasi negatif tentang pihak lawan kepada masyarakat luas.

READ  Alam Ganjar menyemangati dan berbagi tips pendidikan lanjutan kepada siswa SMA di Medan: Okezone Edukasi

Periklanan

spanduk gambar

Tapi sekarang kampanye hitam dilaksanakan dengan menggunakan media sosial. Berdasarkan perkembangan saat ini kampanye hitam sering kali melibatkan pasukan siber atau akun media sosial anonim untuk menyebarkan informasi negatif. Penggunaan anonimitas ini memungkinkan pelaku untuk menghindari tanggung jawab langsung atas tindakan mereka.

Menjelang musim pemilu, beberapa partai politik dan politisi serta kontraktor swasta telah membentuk pasukan siber untuk memanipulasi informasi di ruang media sosial. Pada umumnya para buzzer kerap melakukan propaganda yang mendukung pemilu.

Ini tidak fokus pada esensi politik

Kampanye hitam cenderung lebih fokus pada taktik serangan pribadi terhadap kandidat saingannya. Kampanye ini melibatkan pengungkapan aspek pribadi yang sama sekali tidak relevan dengan esensi politik.

Lebih buruk lagi, kampanye hitam Hal ini juga berujung pada rusaknya karakter pribadi tanpa memperhatikan substansi kebijakan yang ada. Ini juga merupakan ciri yang paling mencolok dari latihan ini kampanye hitamjadi kampanye jenis ini lebih fokus pada upaya merusak citra lawan dibandingkan membahas isu-isu penting dan solusi politik.

SHARISYA KUSUMA RAHMANDA I ARTIKA RACHMI FARMITA I ENO REZA MAHENDRA

Pilihan Editor: Temui kampanye negatif, apakah sama dengan kampanye hitam?



Quoted From Many Source

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *